Upaya Perbaikan Gizi dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Melalui Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa Di SMK Negeri 24 Jakarta

Authors

  • Annisa Nursita Angesti Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas MH. Thamrin, DKI Jakarta, Indonesia
  • Parlin Dwiyana Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas MH. Thamrin, DKI Jakarta, Indonesia
  • Slamet Santoso Kurniawan Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas MH. Thamrin, DKI Jakarta, Indonesia
  • Ratih Agustin Prikhatina Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas MH. Thamrin, DKI Jakarta, Indonesia
  • Asyarifa Rizkia Nabila Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas MH. Thamrin, DKI Jakarta, Indonesia
  • Dea Adinda Syahna Mulia Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas MH. Thamrin, DKI Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58639/im.v1i2.7

Keywords:

Education, Consumption of Fruits and Vegetables

Abstract

Gizi lebih dan obesitas pada remaja merupakan akumulasi lemak yang berlebihan sehingga dapat mengganggu kesehatan seperti munculnya penyakit tidak menular. Kini, penyakit tidak menular sudah mulai ada kasusnya pada usia remaja. Permasalahan tersebut harus diputus rantainya pada masa remaja agar tidak berlanjut. Salah satu cara yang kini tengah disebarluaskan oleh pemerintah adalah Gerakan Masyarakat dengan pola gizi seimbang, diantaranya adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Kandungan dalam buah dan sayur yaitu vitamin, mineral dan serat mampu menurunkan tekanan darah, kadar gula darah, dan kolesterol. Di samping itu, buah dan sayur juga konsumsi yang tepat dalam kontrol berat badan. Remaja adalah kelompok umur yang kuat akan digitalisasi, sehingga remaja merupakan kelompok yang tepat bagi penyebaran informasi gizi seimbang dan pola makan buah sayur melalui internet dan media sosial. Dengan demikian, remaja yang teredukasi gizi seimbang dapat menjadi perantara tersebarnya informasi yang lebih luas ssebagai upaya upaya perbaikan gizi dan pencegahan penyakit tidak menular. Kegiatan edukasi ini meliputi tiga kegiatan yaitu penyuluhan, lomba menu gizi seimbang via Instagram dan kuis sederhana tentang konsumsi sayur dan buah. Hasil penyuluhan terdapat peningkatan nilai rata-rata pengetahuan yang dapat dilihat dari perubahan nilai pre-test dan post-test. Terdapat siswa yang mengikuti lomba menu gizi seimbang via Instagram. Banyak siswa yang dapat menjawab dengan benar kuis konsumsi sayur dan buah dalam hitungan sepersekian detik. Kegiatan edukasi diharapkan dapat berlanjut dengan melibatkan fasilitas Kesehatan seperti psuskesmas setempat dan orangtua dengan kegiatan lain seperti demo masak dan pelatihan modifikasi resep berbahan dasar sayur dan buah.

References

Azhari, MA, Fayasari, A. 2020. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Ceramah dan Video Animasi terhadap Pengetahuan Sikap dan Perilaku Sarapan serta Konsumsi Sayur Buah. Jurnal AcTion: Aceh Nutrition Journal. 55-61.

Fitriani, Yessi marlina, Roziana. 2019. Perbedaan Perbedaan Edukasi/Penyuluhan dengan Penggunaan Media Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Konsumsi Sayur dan Buah pada Siswa SMPdi Pekanbaru. Jurnal Forum Kesehatan. 9(1): 6-11.

Kementerian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar: RiSKESDAS 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pemngembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI. 2015. Pedoman Gizi Seimbang: Pedoman Teknis bagi Petigas dalam Memberikan Penyuluhan Gizi Seimbang. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Kementerian Kesehatan. 2018. Laporan Nasional KISKESDAS 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pemngembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Mahmudah, Ummi dan Endri Yulianti. 2021. Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur sebagai strategi dalam Pencegahan Penyakit Tidak Menular pada Anak Sekolah. Jurnal Media Informasi dan Komunikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. 24(1): 11-19

Program Studi S1 Gizi Angkatan 2018 Universitas MH. Thamrin. 2021. Laporan Penganbilan Data Dasar Perencanaan Program Gizi di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur Tahun 2021. Jakarta: Program Studi S1 Gizi, Fakultas Kesehatan, Universitas MH. Thamrin.

Silvani, Inri., Ratih Kurniasari. 2022. Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Booklet Dan Video Animasi Tentang Sayur Dan Buah Terhadap Pengetahuan Remaja SMP IT Bina Insani. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat. 6(2): 99-105.

Supardi, S. 2002. Pengaruh Metode Ceramah dan Media Leaflet Terhadap Perilaku Pengobatan Sendiri Yang Sesuai Dengan Aturan Untuk Keluhan Demam, Sakit Kepala, Batuk Dan Pilek. Media Litbang Kesehatan. 16(2): 26-32.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Annisa Nursita Angesti, Parlin Dwiyana, Kurniawan, S. S., Prikhatina, R. A., Nabila, A. R., & Mulia, D. A. S. (2022). Upaya Perbaikan Gizi dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Melalui Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa Di SMK Negeri 24 Jakarta. INSAN MANDIRI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 35–44. https://doi.org/10.58639/im.v1i2.7